Sabtu, 23 Mei 2015

pertanyaan telaah kurikulum



PERTANYAAN TENTANG MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM
1.      Apa nama sekolah ini?
Nama sekolah ini adalah SD Negeri Nambo
2.      Apa Akreditas sekolah ini?
Akreditas sekolah ini yaitu B
3.      Apa visi misi sekolah?
Visi sekolah ini
·      Unggul dalam bidang Agama Islam
Misi sekolah ini
·      Budayakan disiplin dalam segala hal
·      Meningkatkan keterampilan membaca, menulis dan berhitung
·      Meningkatkan proses belajar aktif dan menyenangkan
·      Meningkatkan pembinaan akhlak melalui pendidikan agama dan budi pekerti
·      Megadakan kegiatan ekstrakurikuler
·      Meningkatkan dalam olahraga, khususnya dalam cabang olahraga bola
·      Melatih membuat alat-alat yang ada di masyarakat
4.      Ada berapa jumlah guru di sekolah ini?
Ada 8 guru. 6 guru kelas, 2 guru bidang
5.      Ada berapa jumlah seluruh tenaga kerja di sekolah ini?
Jumlah seluruh tenaga kerja di sekolah ini ada 11 orang beserta komite
6.      Apa mayoritas pendidikan guru yang mengajar di sekolah ini?
Mayoritas pendidikan guru yang mengajar di sekolah ini adalah S.Pd
7.      Berapa jumlah siswa yang ada di sekolah ini?
Jumlah siswa yang ada di sekolah ini yaitu 105 orang
8.      Apa saja syarat untuk bisa mengajar di sekolah ini?
Syarat yang utama adalah Ijazah
9.      Apa saja sarana dan prasarana yang ada disekolah ini?
Sarana dan prasarana yang ada disekolah ini yaitu Ruang kelas, Toilet, Ruang guru dan Lapangan.
10.  Ada berapa jumlah kelas di sekolah ini?
Jumlah kelas di sekolah ini ada 6

11.  Ada berapa guru pada setiap kelas?
Setiap kelasnya hanya ada 1 guru
12.  Bagaimana jadwal di sekolah ini?
Jadwal di sekolah ini yaitu masuk pukul 07.30, istirahat pukul 10.00, pulang pukul 12.00
13.  Apa saja kegiatan rutinitas semua kelas setiap harinya?
Kegiatan rutinitas semua kelas setiap harinya hanya pada hari- hari tertentu saja, yaitu pada hari Senin yaitu Upacara Bendera, Jumat yaitu Rohis dan Sabtu yaitu Senam Bersama.
14.  Apa saja Ekstrakulikuler yang ada di sekolah ini ?
Ekstrakulikuler yang ada di sekolah ini yaitu hanya Pramuka
15.  Ada administrasi atau tidak di sekolah ini?
Tidak ada
16.  Syarat masuk sekolahnya wajib lulusan TK atau tidak ?
Tidak, mayoritas anak disini tidak sekolah TK
17.  Berapa usia minimal anak masuk sekolah disini?
Tidak tentu, ada yang 5 tahun, 6 tahun dan ada yang 7 tahun
18.  Berapa jumlah siswa yang diterima setiap tahunnya?
Tidak pasti, tetapi biasanya hanya sedikit yang berminat masuk disekolah ini, yaitu berkisar 15-20 orang saja. Kelas 1 sekarang saja hanya ada 16 orang.
19.  Adakah siswa yang tidak naik kelas setiap tahunnya?
Ada
20.  Mengapa siswa tersebut tidak naik kelas?
Karena memang tidak mampu dalam mengikuti pembelajaran, tidak pernah masuk sekolah dan ada pula atas permintaan orang tuanya sendiri agar tidak di naikkan.
21.  Apa saja prestasi sekolah yang pernah di raih?
Belum pernah
22.  Perlombaan apa yang pernah di ikuti oleh sekolah ini?
Lomba Pramuka, Cerdas Cermat, Menari dan Olahraga
23.  Apa saja tingkatan perlombaan yang di ikuti?
Maksimal hanya tingkat Kecamatan
24.  Menurut Bapak/Ibu penting atau tidak membuat RPP?
Penting


25.  Mengapa kita harus membuat RPP?
Karena RPP itu sebagai acuan untuk kita mengajar, mulai dari awal masuk kelas, kemudian langkah-langkah apa saja yang kita lakukan, materi apa saja yang akan kita ajarkan, cara penyampain materi kepada siswa, kemudian kesimpulan dan lain sebagainya.
26.  Menurut Ibu, ada atau tidak guru yang tidak membuat RPP?
Ada
27.  Bagaimana kalau guru tidak membuat RPP?
Kalau tidak membuat RPP maka guru ketika mengajar akan bingung, berantakan dan tidak terstruktur.
28.  Mudah atau tidak dalam menyusun RPP?
Kalau yang sudah biasa dalam membuat RPP mudah, karena sudah terbiasa dalam membuat RPP. Mungkin kalau yang baru mengajar agak sedikit sulit tapi lama kelamaan akan terbiasa dalam membuat RPP.
29.  Apakah ketika mengajar Ibu hanya mengacu kepada silabus yang dibuat oleh pusat atau ada penambahan dari Bapak/Ibu sendiri?
Terkadang keluar dari acuan/RPP, karena terkadang ada materi yang siswa di minta untuk praktikum, karena fasilitas yang tidak memadai dan keuangan kurang memadai maka tidak praktikum, hanya di jelaskan saja atau di lewat.
Karena lingkungan sini orangtuanya kurang mengerti dan minim dalam hal ekonomi, jadi kalau diminta untuk beli bahan-bahan praktikum keberatan. Kemudian jika dari saya pun sama keberatan jika terlalu banyak mengeluarkan biaya, karena saya masih guru honor jadi kalau terlalu sering beli untuk media saya pun sama terkendala dalam hal keuangan.
Kemudian dari sekolahpun kurang memadai dalam hal fasilitas, kalau dari sekolah sudah disediakan mah enak, kita tinggal praktikum.
30.  Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang Ibu lakukan?
Pertama kita harus tau karakter anak masing-masing, tidak semua anak pinter, tidak semua anak bisa menangkap pelajaran dengan cepat, tidak semuanya anak bisa kita ajak shering dengan baik. Ada anak yang jika dijelaskan langsung masuk, ada yang harus dituntun, ada yang maunya bercanda terus. Jadi kita harus mengerti karakter anak dan kita juga harus mengerti cara pendekatannya seperti apa. Jika ada murid yang belum paham, maka kita deketin, kita tuntun, kita ajarkan dengan baik-baik sampai dia mengerti.
31.  Apa strategi yang ibu gunakan dalam pembelajaran untuk membuat siswa lebih aktif?
Pertama, memberikan hadiah, tujuannya untuk memicu anak agar semangat, giat dan aktif dalam belajar. Misalnya ketika mata pelajaran matematika, siapa yang mendapat niai 100 ibu kasih cokelat, nah anak-anak akan semangat dalam mengerjakan soal tersebut. Yang tadinya mengerjakannya asal-asalan maka dia bener-bener menghitung, bener-bener serius belajarnya, karena terpicu oleh hadiah tersebut.
Kemudian diadakan permainan agar murid merasa senang dalam belajar dan aktif dalam pembelajaran.
32.  Apa saja kendala yang sering ditemukan dalam pembelajaran pada peserta didik?
kendala yang sering ditemukan dalam pembelajaran pada peserta didik yaitu tidak kondusif/ ribut, ada anak yang selalu beralasan, misalnya tidak membawa pinsil, bukunya udah penuh. Pemikirannya masih terlalu anak-anak.
33.  Pendekatan apa saja yang digunakan dalam melakukan pembelajaran?
Pendekatan yang saya lakukan yaitu mengerti karakter anak, mengerti sifat-sifat anak agar mudah dalam mengajar dan memudahkan pula untuk berkomunikasi.
34.  Bagaimana cara mengajar siswa yang pemalu/susah di ajak berkomunikasi, agar siswa tersebut aktif?
Biasanya ketika jam mau istirahat kita mencoba mendekati anak tersebut dengan cara mengobrol tetapi jangan seperti guru sama murid tetapi sebagai teman atau seorang kakak, agar dia mau berbicara dengan kita. Kemudian menanyakan tentang pelajaran yang telah diajarkan.
35.  Bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?
Cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu di berikan hadiah, kemudian juga menceritakan orang-orang hebat atau para pahlawan, kemudian ditanyakan apakah mereka ingin seperti para pahlawan atau orang-orang hebat tersebut, jika mau maka kalian harus belajar yang giat dan rajin. Kemudian ditanya tentang cita-cita mereka, misalnya ingin menjadi Dokter dan Guru. Nah jika kalian ingin menjadi Dokter atau Guru maka kalian harus pintar. Jika kalian ingin pintar maka kalian harus rajin belajar yang rajin, sekolahnya tidak boleh malas.
36.  Apa tujuan evaluasi?
Tujuan evaluasi yaitu untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima materi yang telah diajarkan.
37.  Bagaimana cara mengevaluasi dalam pengajaran yang di lakukan oleh Ibu?
Saya mengadakan evaluasi biasanya setelah selesai pembelajaran baik secara lisan maupun tulisan, kemudian ulangan per bab atau per pembahasan dan Ujian Akhir Sekolah.
38.  Bagaimana jika ada anak yang nilainya dibawah standar, di adakan remedial atau tidak?
Tidak, karena untuk anak di daerah sini percuma di adakan remedial juga hasilnya akan tetap sama seperti itu. Kemudian anaknya juga tidak memikirkan mau bagaimanapun nilai itu. Jadi percuma diadakan kremedial juga. Terkadang jika diberi PR saja tidak dikerjakan. Paling hanya diberi tahu nilai yang dipperolehnya saja.
39.  Bagaimana sistem penilaian yang Ibu lakukan dalam pembelajaran?
Yang  lebih dinilai yaitu ketika proses pembelajaran, karena kita sudah tau kemampuan anak seperti apa dan bagaimana. Tetapi nilai ulanganpun mempengaruhi.
40.  Ada kendala atau tidak dalam melakukan evaluasi terhadap siswa?
Kendalanya yaitu tidak semua anak bisa megerjakan soal yang diberikan. Sehingga ketika ulangan ia malah bertanya kepada guru, dan hal tersebut menghambat kegiatan yang lain. Dan juga membuat anak yang lain iri dengan anak yang kita perhatikan tersebut.










KISI-KISI PERTANYAAN
MENGENAI
TELAAH KURIKULUM
(Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah Kurikulum)
Dosen Pengampu: Adang Hermawan, M.Pd.


Di susun oleh :
Nama   : Siti Komalasari
Kelas   : 4 B PGSD
NIM    : 2227130940

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2015/2016

PERTANYAAN TENTANG MATA KULIAH KURIKULUM
1.      Profil sekolah
2.      Ada berapa jumlah guru?
3.      Apa pendidikan guru yang mengajar di sekolah ini?
4.      Apa saja syarat untuk bisa mengajar di sekolah ini?
5.      Ada berapa jumlah seluruh tenaga kerja di sekolah ini?
6.      Tingkat profesionalitas gurunya seperti apa ?
7.      Apa saja sarana dan prasarana yang ada disekolah ini?
8.      Ada berapa jumlah kelas di sekolah ini?
9.      Ada berapa guru pada setiap kelas?
10.  Bagaimana jadwal di sekolah ini? Sama dengan SD reguler atau tidak ?
11.  Apa saja kegiatan rutinitas semua kelas setiap harinya?
12.  Apa saja Ekstrakulikuler yang ada di sekolah ini ?
13.  Ada administrasi atau tidak di sekolah ini?
14.  Berapa administrasi setiap bulannya?
15.  Sistem pembayarannya seperti apa?
16.  Syarat masuk sekolahnya wajib lulusan TK atau tidak ?
17.  Jika ada yang tidak lulusan TK, maka dipisahkan atau tidak kelasnya?
18.  Berapa jumlah siswa yang diterima setiap tahunnya?
19.  Apa saja prestasi sekolah yang pernah di raih?
20.  Perlombaan apa yang pernah di ikuti oleh sekolah ini?
21.  Apa saja tingkatan perlombaan yang di ikuti?
22.  Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang Kurikulum 2013?
23.  Kurikulumnya dari pemerintah saja atau ada penambahan dari pihak sekolah?
24.  Apa saja penambahan kurikulum dari sekolah?
25.  Apa perbedaan anatara KTSP dengan Kurikulum 2013?
26.  Lebih mudah mana dalam pengajaran antara KTSP dengan Kurikulum 2013?
27.  Bagaimana output siswa ketika menerima pembelajaran Kurikulum 2013?
28.  Apa bedanya output kepada siswa saat guru menggunakan KTSP atau Kurikulum 2013?
29.  Kira-kira anak-anak kelas tinggi lebih mudah menggunakan KTSP atau Kurikulum 2013?
30.  Apa Manfaat bagi guru dengan adanya Kurikulum 2013?
31.  Apa Manfaat bagi siswa dengan adanya Kurikulum 2013?
32.  Menurut Bapak/Ibu penting atau tidak membuat RPP?
33.  Mengapa kita harus membuat RPP?
34.  Bagaimana kalau guru tidak membuat RPP?
35.  Mudah atau tidak dalam menyusun RPP dengan Kuriulum 2013 ini?
36.  Lebih mudah mana antara penyusunan RPP KTSP atau RPP Kurikulum 2013?
37.  Menurut Bapak/Ibu silabus yang di atur oleh pusat bagus atau tidak untuk guru?
38.  Apakah ketika mengajar Bapak/Ibu hanya mengacu kepada silabus yang dibuat oleh pusat atau ada penambahan dari Bapak/Ibu sendiri?
39.  Bagaimana menurut Bapak/Ibu tentang pembelajaran TEMATIK ini?
40.  Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang Bapak lakukan?
41.  Apa strategi yang bapak gunakan dalam pembelajaran untuk membuat siswa lebih aktif?
42.  Apa saja kendala yang sering ditemukan dalam pembelajaran pada peserta didik?
43.  Pendekatan apa saja yang digunakan dalam melakukan pembelajaran?
44.  Bagaimana cara mengajar siswa yang pemalu/susah di ajak berkomunikasi, agar siswa tersebut aktif?
45.  Bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?
46.  Apa tujuan evaluasi?
47.  Bagaimana cara mengevaluasi dalam pengajaran yang di lakukan oleh Bapak/Ibu?
48.  Bagaimana sistem penilaian yang Bapak/Ibu lakukan dalam pembelajaran?
49.  Lebih bagus sistem penilian KTSP atau penilaian Kurikulum 2013?
50.  Ada kendala atau tidak dalam melakukan evaluasi terhadap siswa?



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda