pertanyaan telaah kurikulum
PERTANYAAN
TENTANG MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM
1. Apa
nama sekolah ini?
Nama
sekolah ini adalah SD Negeri Nambo
2. Apa
Akreditas sekolah ini?
Akreditas
sekolah ini yaitu B
3. Apa
visi misi sekolah?
Visi
sekolah ini
· Unggul
dalam bidang Agama Islam
Misi
sekolah ini
· Budayakan
disiplin dalam segala hal
· Meningkatkan
keterampilan membaca, menulis dan berhitung
· Meningkatkan
proses belajar aktif dan menyenangkan
· Meningkatkan
pembinaan akhlak melalui pendidikan agama dan budi pekerti
· Megadakan
kegiatan ekstrakurikuler
· Meningkatkan
dalam olahraga, khususnya dalam cabang olahraga bola
· Melatih
membuat alat-alat yang ada di masyarakat
4. Ada
berapa jumlah guru di sekolah ini?
Ada
8 guru. 6 guru kelas, 2 guru bidang
5. Ada
berapa jumlah seluruh tenaga kerja di sekolah ini?
Jumlah
seluruh tenaga kerja di sekolah ini ada 11 orang beserta komite
6. Apa
mayoritas pendidikan guru yang mengajar di sekolah ini?
Mayoritas
pendidikan guru yang mengajar di sekolah ini adalah S.Pd
7. Berapa
jumlah siswa yang ada di sekolah ini?
Jumlah
siswa yang ada di sekolah ini yaitu 105 orang
8. Apa
saja syarat untuk bisa mengajar di sekolah ini?
Syarat
yang utama adalah Ijazah
9. Apa
saja sarana dan prasarana yang ada disekolah ini?
Sarana
dan prasarana yang ada disekolah ini yaitu Ruang kelas, Toilet, Ruang guru dan
Lapangan.
10. Ada
berapa jumlah kelas di sekolah ini?
Jumlah
kelas di sekolah ini ada 6
11. Ada
berapa guru pada setiap kelas?
Setiap
kelasnya hanya ada 1 guru
12. Bagaimana
jadwal di sekolah ini?
Jadwal
di sekolah ini yaitu masuk pukul 07.30, istirahat pukul 10.00, pulang pukul
12.00
13. Apa
saja kegiatan rutinitas semua kelas setiap harinya?
Kegiatan
rutinitas semua kelas setiap harinya hanya pada hari- hari tertentu saja, yaitu
pada hari Senin yaitu Upacara Bendera, Jumat yaitu Rohis dan Sabtu yaitu Senam
Bersama.
14. Apa
saja Ekstrakulikuler yang ada di sekolah ini ?
Ekstrakulikuler
yang ada di sekolah ini yaitu hanya Pramuka
15. Ada
administrasi atau tidak di sekolah ini?
Tidak
ada
16. Syarat
masuk sekolahnya wajib lulusan TK atau tidak ?
Tidak,
mayoritas anak disini tidak sekolah TK
17. Berapa
usia minimal anak masuk sekolah disini?
Tidak
tentu, ada yang 5 tahun, 6 tahun dan ada yang 7 tahun
18. Berapa
jumlah siswa yang diterima setiap tahunnya?
Tidak
pasti, tetapi biasanya hanya sedikit yang berminat masuk disekolah ini, yaitu
berkisar 15-20 orang saja. Kelas 1 sekarang saja hanya ada 16 orang.
19. Adakah
siswa yang tidak naik kelas setiap tahunnya?
Ada
20. Mengapa
siswa tersebut tidak naik kelas?
Karena
memang tidak mampu dalam mengikuti pembelajaran, tidak pernah masuk sekolah dan
ada pula atas permintaan orang tuanya sendiri agar tidak di naikkan.
21. Apa
saja prestasi sekolah yang pernah di raih?
Belum
pernah
22. Perlombaan
apa yang pernah di ikuti oleh sekolah ini?
Lomba
Pramuka, Cerdas Cermat, Menari dan Olahraga
23. Apa
saja tingkatan perlombaan yang di ikuti?
Maksimal
hanya tingkat Kecamatan
24. Menurut
Bapak/Ibu penting atau tidak membuat RPP?
Penting
25. Mengapa
kita harus membuat RPP?
Karena
RPP itu sebagai acuan untuk kita mengajar, mulai dari awal masuk kelas,
kemudian langkah-langkah apa saja yang kita lakukan, materi apa saja yang akan
kita ajarkan, cara penyampain materi kepada siswa, kemudian kesimpulan dan lain
sebagainya.
26. Menurut
Ibu, ada atau tidak guru yang tidak membuat RPP?
Ada
27. Bagaimana
kalau guru tidak membuat RPP?
Kalau
tidak membuat RPP maka guru ketika mengajar akan bingung, berantakan dan tidak
terstruktur.
28. Mudah
atau tidak dalam menyusun RPP?
Kalau
yang sudah biasa dalam membuat RPP mudah, karena sudah terbiasa dalam membuat
RPP. Mungkin kalau yang baru mengajar agak sedikit sulit tapi lama kelamaan
akan terbiasa dalam membuat RPP.
29. Apakah
ketika mengajar Ibu hanya mengacu kepada silabus yang dibuat oleh pusat atau ada
penambahan dari Bapak/Ibu sendiri?
Terkadang
keluar dari acuan/RPP, karena terkadang ada materi yang siswa di minta untuk
praktikum, karena fasilitas yang tidak memadai dan keuangan kurang memadai maka
tidak praktikum, hanya di jelaskan saja atau di lewat.
Karena
lingkungan sini orangtuanya kurang mengerti dan minim dalam hal ekonomi, jadi
kalau diminta untuk beli bahan-bahan praktikum keberatan. Kemudian jika dari
saya pun sama keberatan jika terlalu banyak mengeluarkan biaya, karena saya
masih guru honor jadi kalau terlalu sering beli untuk media saya pun sama
terkendala dalam hal keuangan.
Kemudian
dari sekolahpun kurang memadai dalam hal fasilitas, kalau dari sekolah sudah
disediakan mah enak, kita tinggal praktikum.
30. Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran yang Ibu lakukan?
Pertama
kita harus tau karakter anak masing-masing, tidak semua anak pinter, tidak
semua anak bisa menangkap pelajaran dengan cepat, tidak semuanya anak bisa kita
ajak shering dengan baik. Ada anak yang jika dijelaskan langsung masuk, ada
yang harus dituntun, ada yang maunya bercanda terus. Jadi kita harus mengerti
karakter anak dan kita juga harus mengerti cara pendekatannya seperti apa. Jika
ada murid yang belum paham, maka kita deketin, kita tuntun, kita ajarkan dengan
baik-baik sampai dia mengerti.
31. Apa
strategi yang ibu gunakan dalam pembelajaran untuk membuat siswa lebih aktif?
Pertama,
memberikan hadiah, tujuannya untuk memicu anak agar semangat, giat dan aktif
dalam belajar. Misalnya ketika mata pelajaran matematika, siapa yang mendapat
niai 100 ibu kasih cokelat, nah anak-anak akan semangat dalam mengerjakan soal
tersebut. Yang tadinya mengerjakannya asal-asalan maka dia bener-bener
menghitung, bener-bener serius belajarnya, karena terpicu oleh hadiah tersebut.
Kemudian
diadakan permainan agar murid merasa senang dalam belajar dan aktif dalam
pembelajaran.
32. Apa
saja kendala yang sering ditemukan dalam pembelajaran pada peserta didik?
kendala
yang sering ditemukan dalam pembelajaran pada peserta didik yaitu tidak
kondusif/ ribut, ada anak yang selalu beralasan, misalnya tidak membawa pinsil,
bukunya udah penuh. Pemikirannya masih terlalu anak-anak.
33. Pendekatan
apa saja yang digunakan dalam melakukan pembelajaran?
Pendekatan
yang saya lakukan yaitu mengerti karakter anak, mengerti sifat-sifat anak agar
mudah dalam mengajar dan memudahkan pula untuk berkomunikasi.
34. Bagaimana
cara mengajar siswa yang pemalu/susah di ajak berkomunikasi, agar siswa
tersebut aktif?
Biasanya
ketika jam mau istirahat kita mencoba mendekati anak tersebut dengan cara
mengobrol tetapi jangan seperti guru sama murid tetapi sebagai teman atau
seorang kakak, agar dia mau berbicara dengan kita. Kemudian menanyakan tentang
pelajaran yang telah diajarkan.
35. Bagaimana
cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?
Cara
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu di berikan hadiah, kemudian
juga menceritakan orang-orang hebat atau para pahlawan, kemudian ditanyakan
apakah mereka ingin seperti para pahlawan atau orang-orang hebat tersebut, jika
mau maka kalian harus belajar yang giat dan rajin. Kemudian ditanya tentang
cita-cita mereka, misalnya ingin menjadi Dokter dan Guru. Nah jika kalian ingin
menjadi Dokter atau Guru maka kalian harus pintar. Jika kalian ingin pintar
maka kalian harus rajin belajar yang rajin, sekolahnya tidak boleh malas.
36. Apa
tujuan evaluasi?
Tujuan
evaluasi yaitu untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima materi
yang telah diajarkan.
37. Bagaimana
cara mengevaluasi dalam pengajaran yang di lakukan oleh Ibu?
Saya
mengadakan evaluasi biasanya setelah selesai pembelajaran baik secara lisan
maupun tulisan, kemudian ulangan per bab atau per pembahasan dan Ujian Akhir
Sekolah.
38. Bagaimana
jika ada anak yang nilainya dibawah standar, di adakan remedial atau tidak?
Tidak,
karena untuk anak di daerah sini percuma di adakan remedial juga hasilnya akan
tetap sama seperti itu. Kemudian anaknya juga tidak memikirkan mau bagaimanapun
nilai itu. Jadi percuma diadakan kremedial juga. Terkadang jika diberi PR saja
tidak dikerjakan. Paling hanya diberi tahu nilai yang dipperolehnya saja.
39. Bagaimana
sistem penilaian yang Ibu lakukan dalam pembelajaran?
Yang lebih dinilai yaitu ketika proses pembelajaran,
karena kita sudah tau kemampuan anak seperti apa dan bagaimana. Tetapi nilai
ulanganpun mempengaruhi.
40. Ada
kendala atau tidak dalam melakukan evaluasi terhadap siswa?
Kendalanya
yaitu tidak semua anak bisa megerjakan soal yang diberikan. Sehingga ketika
ulangan ia malah bertanya kepada guru, dan hal tersebut menghambat kegiatan
yang lain. Dan juga membuat anak yang lain iri dengan anak yang kita perhatikan
tersebut.
KISI-KISI PERTANYAAN
MENGENAI
TELAAH KURIKULUM
(Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah Kurikulum)
Dosen Pengampu: Adang Hermawan, M.Pd.

Di susun oleh :
Nama
: Siti Komalasari
Kelas : 4 B PGSD
NIM
: 2227130940
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2015/2016
PERTANYAAN
TENTANG MATA KULIAH KURIKULUM
1.
Profil sekolah
2.
Ada berapa jumlah guru?
3.
Apa pendidikan guru yang mengajar di
sekolah ini?
4.
Apa saja syarat untuk bisa mengajar di
sekolah ini?
5.
Ada berapa jumlah seluruh tenaga kerja
di sekolah ini?
6.
Tingkat profesionalitas gurunya seperti apa
?
7.
Apa saja sarana dan prasarana yang ada
disekolah ini?
8.
Ada berapa jumlah kelas di sekolah ini?
9.
Ada berapa guru pada setiap kelas?
10.
Bagaimana jadwal di sekolah ini? Sama
dengan SD reguler atau tidak ?
11.
Apa saja kegiatan rutinitas semua kelas
setiap harinya?
12.
Apa saja Ekstrakulikuler yang ada di
sekolah ini ?
13.
Ada administrasi atau tidak di sekolah
ini?
14.
Berapa administrasi setiap bulannya?
15.
Sistem pembayarannya seperti apa?
16.
Syarat masuk sekolahnya wajib lulusan TK
atau tidak ?
17.
Jika ada yang tidak lulusan TK, maka dipisahkan
atau tidak kelasnya?
18.
Berapa jumlah siswa yang diterima setiap
tahunnya?
19.
Apa saja prestasi sekolah yang pernah di
raih?
20.
Perlombaan apa yang pernah di ikuti oleh
sekolah ini?
21.
Apa saja tingkatan perlombaan yang di
ikuti?
22.
Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang
Kurikulum 2013?
23.
Kurikulumnya dari pemerintah saja atau
ada penambahan dari pihak sekolah?
24.
Apa saja penambahan kurikulum dari
sekolah?
25.
Apa perbedaan anatara KTSP dengan
Kurikulum 2013?
26.
Lebih mudah mana dalam pengajaran antara
KTSP dengan Kurikulum 2013?
27.
Bagaimana output siswa ketika menerima
pembelajaran Kurikulum 2013?
28.
Apa bedanya output kepada siswa saat
guru menggunakan KTSP atau Kurikulum 2013?
29.
Kira-kira anak-anak kelas tinggi lebih mudah
menggunakan KTSP atau Kurikulum 2013?
30.
Apa Manfaat bagi guru dengan adanya
Kurikulum 2013?
31.
Apa Manfaat bagi siswa dengan adanya
Kurikulum 2013?
32.
Menurut Bapak/Ibu penting atau tidak
membuat RPP?
33.
Mengapa kita harus membuat RPP?
34.
Bagaimana kalau guru tidak membuat RPP?
35.
Mudah atau tidak dalam menyusun RPP
dengan Kuriulum 2013 ini?
36.
Lebih mudah mana antara penyusunan RPP
KTSP atau RPP Kurikulum 2013?
37.
Menurut Bapak/Ibu silabus yang di atur oleh
pusat bagus atau tidak untuk guru?
38.
Apakah ketika mengajar Bapak/Ibu hanya
mengacu kepada silabus yang dibuat oleh pusat atau ada penambahan dari
Bapak/Ibu sendiri?
39.
Bagaimana menurut Bapak/Ibu tentang
pembelajaran TEMATIK ini?
40.
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang
Bapak lakukan?
41.
Apa strategi yang bapak gunakan dalam
pembelajaran untuk membuat siswa lebih aktif?
42.
Apa saja kendala yang sering ditemukan dalam
pembelajaran pada peserta didik?
43.
Pendekatan apa saja yang digunakan dalam
melakukan pembelajaran?
44.
Bagaimana cara mengajar siswa yang
pemalu/susah di ajak berkomunikasi, agar siswa tersebut aktif?
45.
Bagaimana cara untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa?
46.
Apa tujuan evaluasi?
47.
Bagaimana cara mengevaluasi dalam
pengajaran yang di lakukan oleh Bapak/Ibu?
48.
Bagaimana sistem penilaian yang
Bapak/Ibu lakukan dalam pembelajaran?
49.
Lebih bagus sistem penilian KTSP atau penilaian
Kurikulum 2013?
50.
Ada kendala atau tidak dalam melakukan evaluasi
terhadap siswa?

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda